IKM Saeeku merupakan industri produk olahan makanan yang berada di Soko-Tuban. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kripik gedebok pisang. Teknik purposive sampling digunakan untuk penentuan jumlah responden yakni sebanyak 90 responden yang berasal dari konsumen dan 5 key informan terdiri dari pengusaha, pakar pemasaran, akademis, ahli produksi dan dinas terkait. Metode analisis data yang digunakan meliputi uji regresi linier berganda, regresi parsial dan regresi simultan, asumsi klasik serta Uji Analytical Hierarcy Process (AHP). Hasil penelitian menyatakan seluruh variabel bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan sedangkan pada regresi parsial variabel yang menerima H1 adalah harga, tempat, orang dan bukti fisik, sedamg variabel produk, promosi, proses menerima H0. Bukti fisik menjadi variabel paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dapat dilihat dari nilai koefisien regresi, hasil analisis AHP menyatakan bahwa diperlukannya perluasan cakupan pemasaran agar dapat meningkatkan keputusan pembelian dan penambahan variasi pilihan harga.
Copyrights © 2022