AGRISCIENCE
Vol 3, No 1: Juli 2022

Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian dan Alternatif Strategi Keripik Gedebok Pisang (Studi Kasus IKM Saeeku Kecamatan Soko Kabupaten Tuban)

Siti Umariyah (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura)
Mokh Rum (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2022

Abstract

IKM Saeeku merupakan industri produk olahan makanan yang berada di Soko-Tuban. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kripik gedebok pisang. Teknik purposive sampling digunakan untuk penentuan jumlah responden yakni sebanyak 90 responden yang berasal dari konsumen dan 5 key informan terdiri dari pengusaha, pakar pemasaran, akademis, ahli produksi dan dinas terkait. Metode analisis data yang digunakan meliputi uji regresi linier berganda, regresi parsial dan regresi simultan, asumsi klasik serta Uji Analytical Hierarcy Process (AHP). Hasil penelitian menyatakan seluruh variabel bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan sedangkan pada regresi parsial variabel yang menerima H1 adalah harga, tempat, orang dan bukti fisik, sedamg variabel produk, promosi, proses menerima H0. Bukti fisik menjadi variabel paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dapat dilihat dari nilai koefisien regresi, hasil analisis AHP menyatakan bahwa diperlukannya perluasan cakupan pemasaran agar dapat meningkatkan keputusan pembelian dan penambahan variasi pilihan harga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agriscience

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Agribusiness, Agriculture Economics, Social Science, Rural Development, Rural Sociology, Risk Management, Agriculture Extension, Financial Management, Marketing Management, Human Resource ...