Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 7 No. 1 (2019): Jurnal Ekonomi & Bisnis

Analisis Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Usaha Distro Tom’s 08 Clothing)

Elly Karmeli (Universitas Samawa)
Wahyu Haryadi (Universitas Samawa)
A Arifin (Universitas Samawa)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Kepuasan Pelanggan pada Distro Tom’s 08 Clothing Sumbawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ekuitas Merek / Brand Equity (X) sebagai variabel bebas dan Kepuasan Pelanggan (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menggunakan metode penyebaran kuesioner dengan menggunakan jenis data primer. Sedangkan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Statistik t (Uji-t) dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Temuan yang dihasilkan pada penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Ekuitas Merek / Brand Equity (X) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) diketahui berdasarkan hasil uji-t dimana t-hitung > t-tabel (2,897 > 1,686). Dengan hasil koefisien determinasi R2 sebesar 0,181 atau sebesar 18,1 persen pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis covers the fields of economics, including Islamic Economics, Development Economics, Public Economics, International Economics, Regional Economics, Human Resource Economics, Natural Resources and Environmental Economics, Industrial Economics, Health Economics, Mathematical ...