Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis relevansi dari metode pembelajaran Ibnu Khaldun dan PAI. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan data penelitian dikumpulkan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Penelitian ini membahas tentang pentingnya metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, yang mana harus dapat memenuhi kebutuhan peserta didik sesuai tugas belajarnya. Terlebih pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yang mana bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Demi terciptanya tujuan pembelajaran pendidik harus memiliki kekreatifan dan inovasi dalam pembelajaran termasuk mengenai metode yang dapat memenuhi kebutuhan anak. Sebagaimana metode yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun yang dapat kita terapkan di kelas yaitu hafalan, diskusi, widya wisata, keteladanan, media pembelajaran, penerapan, pengulangan, kasih sayang, peninjauan kematangan usia, penyesuaian fisik dan psikis peserta didik, kesesuaian perkembangan potensi peserta didik, penguasaan satu bidang, praktik/ latihan, dan menghindari peringkasan buku.
Copyrights © 2022