PROCESSOR Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer
Vol 9 No 1 (2014): Processor

PERANCANGAN E – CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PT. SAMUDERA BERSAUDARA

Rudy Candra (Unknown)
Eriya Eriya (Unknown)
Agus Siswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2017

Abstract

Semakin banyaknya dealer motor di kota jambi, secara tidak langsung tingkat persaingan di antara dealer motor di kota jambi semakin besar dalam mendapatkan loyalitas dari pelaggan. Samudera Bersaudara adalah salah satu dealer resmi Suzuki yang ada di kota jambi yang menjual motor baru, service motor serta penjualan sparepart Suzuki. Selama ini sulit bagi pihak pelanggan untuk mengetahui perkembangan produk sepeda motor dan sparepart dari perusahaan tersebut, admin kesulitan dalam melayani pelanggan dalam melakukan pencarian sparepart motor hal ini membuat pelayanan kepada pelanggan menjadi tidak efisien. Selain itu juga belum adanya wadah khusus berkomunikasiantar pihak perusahaan dengan pelanggan dalam melakukan pemesanan antrian service kendaraan serta belum adanya forum untuk pelanggan melakukan kritik dan saran. CRM adalah strategi untuk mendapatkan, meningkatkan, dan mempertahankan pelanggan yang menguntungkan (Profitable Customer), dengan E-CRM yang bertujuan untuk dapat mengindentifikasi kebutuhan pelanggan secara personal, menganalisis bagaimana pengelolaan pelanggan pada Samudera Bersaudara, dan merancang aplikasi E-CRM pada Samudera Bersaudara sehubungan dengan layanan kepada pelanggan. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan observasi secara langsung, wawancara, dan analisis dokumen. Metode pengembangan sistem yang digunakan peneliti adalah pengembangan perangkat lunak model sekuensial linear yang sering disebut dengan model air terjun (Waterfall) dengan tahapan Analisis Kebutuhan, Desain Sistem, Implementasi dan Pengujian Unit, Pengujian Sistem, dan Perawatan. Penelitian ini menghasilkan sebuah E-CRM Pada Samudera Bersaudara agar dapat meningkatkan pelayanan pelanggan secara maksimal untuk mendapatkan pelanggan, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

processor

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal PROCESSOR merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Misi dari Jurnal PROCESSOR adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil penelitian mengenai Ilmu bidang informatika, ...