PROCESSOR Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer
Vol 14 No 2 (2019): Jurnal Processor

PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KECOCOKAN GAYA BELAJAR BAGI SISWA SISWI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SD SARIPUTRA Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kecocokan Gaya Belajar Bagi Siswa Siswi Sekolah Dasar (Studi Kasus : SD Sariputra Jambi)

OSCARIO (Unknown)
JASMIR (Teknik informatika)
YUDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Data Mining merupakan serangkaian proses yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang berguna dari database yang besar. SD Sariputra merupakan sekolah dasar yang didirikan pada tahun 1971. Pada proses pembelajaran di SD Sariputra Jambi, masih banyak murid yang tidak fokus atau tidak memiliki keinginan untuk belajar. Dimana kemungkinan terbesar adalah ketidak cocokan gaya belajar dan metode belajar guru tersebut. Oleh karena itu, penulis mempelajari dan melakukan analisis data mining terhadap data murid dan kepribadiannya agar data tersebut dapat berubah menjadi informasi yang berharga bagi SD Sariputra. Informasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan proses belajar mengajar di SD Sariputra. Penulis menggunakan hasil data quisioner pada siswa-siswi kelas 3 & 4 sebanyak 155 data siswa-siswi yang telah penulis sajikan dalam file ekstensi arff. Dalam melakukan analisis ini, penulis menggunakan tools WEKA. Metode yang digunakan adalah Decision Tree dengan Algoritma C4.5 dengan 11 attribut. Analisis tersebut menghasilkan 23 Rule. Rule tersebut dihasilkan dari hasil akhir bentuk Decision Tree. Kata Kunci: Data Mining, Algoritma C4.5, Gaya Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

processor

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal PROCESSOR merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Misi dari Jurnal PROCESSOR adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil penelitian mengenai Ilmu bidang informatika, ...