Matematika merupakan salah satu ilmu yang ada disetiap jenjang, namun kenyataannya siswa masih sering merasakan cemas saat harus mempelajarinya. Kecemasan matematika sangat berpengaruh terhadap prestasi dan juga sikap siswa terhadap matematika. Siswa yang mengalami kecemasan matematika maka akan cenderung kurang dalam menangkap dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dalam hal ini siswa yang berada dalam kondisi seperti ini maka kemampuan siswa dalam berpikir logispun akan berpengaruh karena dapat menyerang aspek fisiknya, seperti kegelisahan dan kegugupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecamasan matematika dan kemampuan berpikir logis secara parsial dan simultan terhadap pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional. Pengumpulan data kecemasan matematika diperoleh dari kuesioner sedangkan data kemampuan berpikir logis dan pemahaman konsep matematis diperoleh dari tes soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dengan pemahaman konsep matematis. 2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir logis dengan pemahaman konsep matematis. 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dan kemampuan berpikir logis terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Copyrights © 2022