BUSINESS AND ENTERPREUNERSHIP JOURNAL
Vol 1, No 2 (2020)

Analisis Strategi Pemasaran Suplemen Makanan Sakatonik ABC Pada PT Enseval Putra Megatrading Cabang Lampung

Yudiana Sari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satu Nusa Lampung)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2020

Abstract

Salah satu produk farmasi yang didstribusikan oleh PT Enseval Putra Megatrading Cabang Lampung adalah suplemen makanan anak Sakatonik ABC yang diproduksi oleh PT Saka Farma di Semarang. Permasalahan yang terjadi antara lain realisasi penjualan Sakatonik ABC tidak pernah mencapai target yang ditentukan, dan pada saat ini penjualan mengalami penurunan yang berarti. Strategi pemasaran seperti strategi harga, distribusi dan promosi yang dilaksanakan oleh perusahaan belum bisa mempresentasikan suatu kegiatan pemasaran yang berhasil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukan perusahaan memiliki keunggulan dalam pelayanan dan harga kesamaan kinerja dalam produk, tempat, teknologi, sosial budaya dan geografi, serta pesaing. Tetapi perusahaan masih kalah bersaing dalam hal promosi dan pemanfaatan penyalur. PT Enseval Putra Megatrading Cabang Lampung berada pada tahap pertumbuhan menuju kematangan, sehingga perlu ada strategi pemasaran yang lebih tepat sebagai penantang pasar serta berdasarkan analisis Matrik pertumbuhan bagian pasar, unit bisnis perusahaan berada pada posisi tanda tanya (Question Mark). Dengan demikian, perusahaan memerlukan dana dan investasi yang besar serta strategi pemasaran yang lebih insentif guna meningkatkan volume penjualan dan sekaligus memperluas pangsa pasar agar posisi perusahaan dapat bergeser ke posisi bintang (Stars).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) adalah media publikasi ilmiah yang ditulis oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa di bidang bisnis,dll. BEJ menerbitkan makalah penelitian ahli, yang direview melalui mekanisme secara online. semua makalah direview setidaknya oleh dua orang reviewer. BEJ ...