Jurnal Pendidikan Agama
Vol. 12 No. 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN AGAMA

PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LERARNING CYCLE 5 FASE DENGAN MODEL STUDENTTEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHDAP MINAT BELAJAR SISWA

I Nyoman Tri Bayu Tanaya (Unknown)
Tri Jalmo (Unknown)
Berti Yolida (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle 5 Fase dengan STAD terhadap minat belajar siswa. Desain penelitian adalah desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIC yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle 5 Fase dengan STAD yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh siswa (100 %) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model STAD dan 72,68% terhadap model LC 5 Fase. Dengan demikian, model pembelajaran STAD berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Kata kunci : minat belajar, model stad, model lc 5 fase

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpastahlampung

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Agama diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan Maret dan September. Sebagai Perguruan Tinggi Swasta, STAH Lampung ikut melaksanakan pembangunan dibidang pendidikan, sehingga mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia Hindu. Dalam ...