Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 7th University Research Colloquium 2018: Bidang MIPA dan Kesehatan

Pengaruh Latihan Motorik Halus Menulis terhadap Kemampuan Menulis Anak Autisme

Anny Rosiana Masithoh (STIKES Muhammadiyah Kudus)
Nailatul Izzah (STIKES Muhammadiyah Kudus)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2018

Abstract

Menurut prevalensi penyandang autisme di seluruh dunia menurutdata UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and CulturalOrganization) pada tahun 2011 adalah 6 di antara 1000 orangmengidap autisme. Data UNESCO pada tahun 2011 mencatat, sekitar35 juta orang penyandang autisme di dunia. Itu berarti rata-rata 6dari 1000 orang di dunia mengidap autisme. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk untuk Mengetahui Pengaruh Latihan Motorik HalusTerhadap Kemampuan Menulis Anak Autisme di Yayasan PondokPesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Kudus tahun 2017. JenisPenelitian Ini Menggunakan Jenis Penelitian Quasy EksperimentalDengan Pendekatan Pre-Post Test With Control Grup. Sampel DalamPenelitian Ini Sebanyak 29 Responden Dengan Menggunakan TeknikRandom Sampling. Uji Statistic Yang Digunakan McNemar’s Test.Hasil McNemar’s Didapatkan Nilai ρ Value = 0,004 Sehingga DapatDisimpulkan Ada Pengaruh Yang Signifikan ( ρ Value 0,004<0,05 )Latihan Motorik Halus Menulis Untuk Membantu MeningkatkanKemampuan Menulis Anak Autisme. Ada Pengaruh Latihan MotorikHalus Terhadap Kemampuan Menulis Anak Autisme di YayasanPondok Pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Kudus tahun 2017.

Copyrights © 2018