Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Metode Permainan Tradisional Engklek pada Pembelajaran Bangun Datar Menumbuhkembangkan Motivasi Belajar Siswa

R Rusnilawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Heny Tri Muthmainnah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fatiya Nuzuli Mufti (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
I Istiqomah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Elmira Tita Ulima (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yulia Maftuhah Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran permainan tradisional engklek pada pembelajaran bangun datar terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Waru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment (pre test dan pos test). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V MI Muhammadiyah Waru yang berjumlah 100 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB MI Muhammadiyah Waru dengan jumlah 35 siswa. Data yang dianalisis adalah hasil pre test dan pos test angket motivasi belajar. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang efektif antara metode pembelajaran permainan tradisional engklek dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Waru. Hasil penelitian menunjukkan thitung -2,953 < - ttabel 1,995, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran permainan tradisional engklek berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Waru. Metode permainan tradisional engklek merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran matematika. Permainan ini dimodifikasi menjadi suatu metode pembelajaran matematika yang aktif dan menyenangkan. Pada permainan tradional engklek terdapat unsur matematika berupa gambar-gambar bangun datar. Metode ini cocok untuk diterapkan karena sesuai dengan karakteristik peserta didik usia Sekolah Dasar yang masih suka bermain.

Copyrights © 2018