Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Urgensi Pendidikan Multikultural sebagai Wadah Strategis untuk Menanamkan Karakter Toleransi di Sekolah Dasar

Vera Yuli Erviana (Universitas Ahmad Dahlan)
Laila Fatmawati (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan urgensi pendidikan multikultural sebagai wadah strategis untuk menanamkan karakter toleransi di sekolah dasar. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas atas maupun bawah dari 6 SD di 3 kabupaten di Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) karakter toleransi mulai luntur pada anak sekolah dasar yang terlihat pada kurang menghormati ketika teman lainnya sedang beribadah; 2) pemahaman siswa dan guru tentang pendidikan multikultural masih sangat minim yang terlihat dari responden yang tidak memahami penjelasan terkait pendidikan multikultural padahal pendidikan multikultural adalah wadah strategis untuk mengembangkan karakter toleransi. Oleh karena itu, pendidikan multikultural dianggap urgen untuk dikenalkan ke siswa dan guru sehingga diharapkan karakter toleransi akan berkembang pula.

Copyrights © 2018