Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Model Pembelajaran Meaningfull Instructional Design untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

N Nadya (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Dhi Bramasta (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Karma Iswasta Eka (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Watuagung pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam melalui model pembelajaran Meaningfull Instructional Design (MID). Subyek penelitian siswa kelas V berjumlah 24 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan dengan tes dan nontes . Analisis data yang digunakan yaitu dengan angket rasa ingin tahu, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Rasa ingin tahu pada siklus I memperoleh rata-rata 2,88 dengan kriteria baik dan rata-rata pada siklus II 3,32 dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata rata 68,10 dengan kriteria baik, pada siklus II 82,45 dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 3,14 dengan kriteria baik, pada siklus II 3,73 dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 2,39 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh rata-rata 3,34 dengan kriteria sangat baik. Hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model MID dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA di kelas V SD Negeri Watuagung.

Copyrights © 2018