Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018: Bidang Sosial Ekonomi dan Psikologi

Model Estimasi Relationship Marketing dalam Business to Business: Pendekatan Dyadic VS Non-Dyadic

Anton Agus Setyawan (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

Dalam diskusi tentang relationship marketing perdebatan tentang aliran pemikiran, tradisi penelitian dan metode penelitian sangat beragam. Namun demikian ada satu kesepakatan diantara para peneliti di bidang pemasaran, yaitu pendapat bahwa konstruk dalam relationhip marketing mempunyai sifat alamiah dyadic. Pengukuran dalam penelitian relationship marketing tidak selalu mengikuti pendapat ini, ada banyak peneliti yang menggunakan pendekatan non dyadic dalam pengukuran, meskipun dalam pembahasan konseptual mereka menganggap sebuah konstruk relationship marketing mempunyai sifat dyadic. Penelitian ini menguji model dyadic dan non dyadic untuk dijadikan bahan perbandingan. Sampel dari penelitian ini adalah 204 dyad yang merupakan pasangan peritel dan pemasok. Penelitian ini menggunakan alat analisis jalur untuk mendapatkan kebaikan suai dari model dyadic dan non dyadic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan dyadic memberikan informasi yang lebih lengkap untuk menganalisis sebuah model relationship marketing.

Copyrights © 2018