Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 12th University Research Colloquium 2020: Bidang MIPA dan Kesehatan

PENURUNAN TINGKAT STRES PADA SISWA PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DENGAN TERAPI ICE BREAKING BERUPA GERAK DAN LAGU

Erika Dewi Noorratri (Universitas Aisyiyah Surakarta)
Imrotul Faizah (Universitas Aisyiyah Surakarta)
Wahyu Purwaningsih (Universitas Aisyiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Indonesia memiliki sistem pendidikan yang baru yaitu sistem pendidikan FullDay School. Pelaksanaan Full Day School memberikan dasar yang kuatterhadap siswa sehingga mengembangkan minat dan bakat sertameningkatkan kecerdasaan siswa dalam segala aspek. Kegiatan Full DaySchool menyebabkan siswa mengalami stres, adapun salah satu caramengurangi stres dengan melakukan terapi Ice Breaking berupa gerak danlagu. Tujuan pemnelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh terapi IceBreaking berupa gerak dan lagu terhadap penurunan tingkat stres padasiswa penerapan Full Day School di SMA Negeri 1 Surakarta. Penelitianmenggunakan metode kuantitatif analitik eksperimen dengan rancanganpenelitian Pre-test Post-test One Group Desain, tehnik pengolahan datapurposive sampling, sampel 40 responden, instrumen penelitianmenggunakan kuesioner PSS (Perceived Stres Scale). Hasil uji statistik padaresponden menunjukkan PValue 0,000 < 0,05 , sehingga ada penurunantingkat stres pada siswa penerapan Full Day School dengan pemberian terapiIce Breaking berupa gerak dan lagu. Ada penurunan tingkat stres pada siswapenerepan Full Day School dengan terapi Ice Breaking berupa gerak danlagu di SMA Negeri 1 Surakarta.

Copyrights © 2020