Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 13th University Research Colloquium 2021: Kebencanaan dan Pengabdian Masyarakat

Penggunaan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Bagi Siswa SMA

Heru Supriyono (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dea Arsagita (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 May 2021

Abstract

Salah satu permasalahan umum yang dihadapi oleh siswa SMAdalam belajar sistem periodik unsur adalah rasa bosan saat belajarmandiri dengan hanya menggunakan material pembelajaran utamayaitu buku teks dan lembar kegiatan siswa. Tujuan artikel ini adalahuntuk meningkatkan keinginan belajar siswa SMA Muhammadiyah 5Todanan dengan menggunakan aplikasi berbasis Android. AplikasiAndroid digunakan sebagai suplemen yang digunakan bersama-samadengan material utama yaitu buku teks dan lembar kegiatan siswa.Setelah menggunakan aplikasi berbasis Android dalampembelajaran, siswa diminta untuk mengisi kuesioner untuk evaluasi. Hasil evaluasi yang diikuti oleh 28 siswa kelas XI IPA dapat diambilkesimpulan yaitu penggunaan aplikasi Android dapat meningkatkanmotivasi belajar siswa yang ditunjukan dari nilai akhir skala likertyaitu sebesar 88,57%. Hasil evaluasi juga menunjukkan aplikasi inidapat membantu mempelajari sistem periodik unsur dengan nilaiakhir sebesar 95,71%. Namun, aplikasi yang digunakan masihmemiliki kelemahan dalam hal tampilan dan interaktifnya yangdiindikasikan dengan masih cukup rendahnya nilai akhir evaluasiyaitu sebesar 79,28%. Kegiatan ini dapat dilanjutkan denganpenggunaan aplikasi Android yang lebih menarik dari sisi tampilaninteraktifnya serta penggunaannya bersama-sama dengan sistempembelajaran lain misalnya sistem pembelajaran blended.

Copyrights © 2021