Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 13th University Research Colloquium 2021: Teknik dan Rekayasa

Pengembangan Pasar Online UKM Aisyiyah Sidoarjo Berbasis WEB

Ade Eviyanti (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Arif Senja Fitrani (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
M. Abror (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah usaha ekonomi produktif yangberdiri sendiri yang dilakukan oleh orang perorangan atau badanusaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabangperusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baiklangsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usahabesar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunansebagaiamana diatur dalam undang-undang. Tujuan Penelitian iniadalah membuat media promosi online bagi UKM dalammengembangkan UKM sehingga meningkatkan pendapatan melaluipenjualan produk UKM secara online berbasis web. Dalampenelitian ini, metode yang digunakan adalah metode waterfall Langkah pertama rekayasa dan pemodelan sistem informasi yaitumencari dan merancang kebutuhan sistem, langkah keduamelakukan analisa kebutuhan yaitu untuk mengetahui domaininformasi dan fungsi-fungsi yang dibutuhkan oleh sistem, langkahketiga desain yaitu membuat/merancang aplikasi sistem, langkahkeempat koding yaitu menerjemahkan dalam bentuk bahasapemrograman, langkah ke lima pengujian yaitu menguji sistemapakah sudah sesuai dengan rancangan yang sudah ditetapkan danlangkah keenam pemeliharaan terhadap software terkait dengankebutuhan pengembangan sistem. Hasilnya pengujian perangkatlunak Aisyiyah Store berbasis web menggunakan Pengujian metodeBlackbox adalah sistem dapat berjalan dengan normal dan bekerjasesuai rancangan ditandai saat sistem menerima inputan yang salahditandai dengan pesan kesalahan ketika sistem menerima inputanyang tidak sesuai dengan aturan input yang sudah diterapkan padasetiap textbox

Copyrights © 2021