Latar Belakang: Perubahan kebijakan daring yang menyebabkan kecemasan bagi ibu karena prestasi akademik siswa-siswi mengalami permasalahan sehingga ibu mengalami perubahan gaya hidup dan peran ganda selama masa pandemic Covi-19. Sehingga ibu memerlukan banyak waktu untuk membimbing, mengawasi dan mengarahkan anaknya selama proses pembelajaran daring. Tujuan: Untuk Mengetahui Hubungan Kecemasan Pada Ibu Dengan Pestasi Akademik Siswa Kelas XI Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Dimasa Pancemic Covid-19 Di SMAN 1 Kragan Rembang. Metode: Metode penelitian kuantitatif jenis penelitian analisis kolerasi dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian menggunakan Sampling Random (secara acak) dengan jumlah populasi kelas XI sebanyak 85 responden. Analisa bivariat menggunakan Spearman Rho dan instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner skala hars dan hasil prestasi siswa-siswi. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan kecemasan ibu dengan prestasi akademik siswa kelas XI dalam pembelajaran daring dimasa Covid-19 di SMAN 1 Kragan Rembang dengan 29,4% responden mengalami kecemasan ringan, 58,8% responden mengalami kecemasan sedang, 11,8 responden mengalami kecemasan berat, dan 22,4% responden dengan prestasi akademik baik, 54,1% responden dengan prestasi akademik cukup, 23,5 responden dengan prestasi akademik kurang. P Value 0.000 R = 0,670. Kesimpulan: Ada hubungan kecemasan ibu dengan prestasi akademik siswa kelas XI dalam pembelajaran daring dimasa pandemic Covid-19 di SMAN 1 Kragan Rembang.
Copyrights © 2021