Home Ec
Vol 15, No 2 (2020): November

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENDESAIN BUSANA PADA SISWA SMK NEGERI 6 MAKASSAR

St. Aisyah (Universitas Negeri Makassar)
Rosmiaty Rosmiaty (Universitas Negeri Makassar)
Siti Rahmah (SMK Negeri 6 Makassar)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

ABSTRAK - Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Siswa SMK Negeri 6 Makassar Kelas XI yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mendesain busana melalui media berbasis komputer. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terjadi peningkatan yang signifikan pada tingkat kreativitas siswa yang dilihat dari 1) keterampilan hasil berpikir orisinil (originality); 2) keterampilan berpikir luwes (flexibility); 3) Keterampilan hasil berpikir orisinil (originality); 4) Keterampilan hasil mengelaborasi (elaboration); Kedua, penerapan media berbasis komputer pada proses pembelajaran desain busana pada penelitian ini menunjukkan adanya partisipasi siswa pada proses pembelajaran, tugas-tugas yang dibuat dapat diselesaikan dengan tepat waktu dan hasil desain busana yang lebih bervariasi,  karena proses mendesain busana lebih mudah dan lebih menarik.Kata kunci -  Media Komputer, Kreativitas, Desain Busana

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

rumahtangga

Publisher

Subject

Engineering Other

Description

HomeEc merupakan publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Makassar yang dikelola oleh jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik. Jurnal ini adalah media penuangan kajian dan hasil penelitian pendidikan dan non kependidikan berbagai bidang ilmu meliputi bidang ...