Abstrak: Tingkat pendapatan orang tua dapat membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan sekolah anaknya tentu berbeda-beda. Kemampuan finansial itu terkadang berdampak pada motivasi siswa dalam menjalani prosespendidikannya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kemampuan finasial orangtua siswa terhadap motivasi belajar siswa ditinjau secara filosofis. Penelitian menggunakan pendekatankuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode korelasi. Populasi penelitian ini yaitu terdapat 200 siswa kelas V SD di kota Medan. Pengambilan sampel dengan menggunakan Probaliti Sampling yaitu Simple Random Sampling diperoleh 50 siswa. Teknik pengumpulan data, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan linieritas. Sedangkan analisis data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasilpembahasan analisis data dapat diketahui kemampuan finansial Orang Tua di siswa kelas V SD di kota Medan,berpendapatan sangat tinggi 20%, berpendapatan tinggi 30%, berpendapatan sedang 50% berdasarkan penelitian tersebut orang tua siswa di siswa kelas V SD di kota Medan dalam kategori menengah atau sedang. Dari hasil motivasi siswa terdapat 45 siswa (90%) motivasi tinggi dan 5 siswa (10%) motivasi rendah jadi rata-rata siswa di SD tersebut memiliki motivasi yang tinggi. Terdapat Pengaruh positif kemampuan finansial orang tua terhadap motivasi siswa siswa kelas V SD di kota Medan yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,568 yang artinyasebesar 30% variabel kemampuan finansial Orang Tua mempengaruhi motivasi belajar siswa sehingga masih tersisa70 % dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci : Motivasi belajar, kemampuan finansial Orang Tua
Copyrights © 2022