Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Vol 5, No 2 (2021): At-Tazakki

MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMUKA AGAMA: PENGELOLAAN KESAN MELALUI SIMBOL NON VERBAL

Amelia Hanifa Rahmadani (Universitas Islam Negeri, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Abstrak: Perkembangan pada metode penyampaian dakwah pada saat ini sangat berkembang pesat. Media Televisi menjadi salah satu pilihan para penceramah untuk mensyi‟arkan ajaran Islam. Dalam mencari dan menambah pengetahuan akan keagamaan, tentu saja pengguna memiliki faktor tertentu untuk memenuhi kebutuhannya, seperti menggunakan media Televisi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa respon penonton dalam cara penyampaian komunikasi pemuka agama dan bagaimana mengetahui kesan penonton melalui simbol non verbal. Hasil penelitian menunjukan pertama, penonton sangat antusias kepada para pemuka agama dimana cara mereka menyampaikan komunikasi menggunakan intonasi suara yang lantang dan menggetarkan seluruh tubuh. Kedua, banyak komunikasi non verbal juga sangat penting dalam berkomunikasi. Ketiga, menggunakan Bahasa tubuh seperti mimik wajah dan gerakan tangan menunjukan bahwa seseorang dalam situasi percaya diri yang tinggi. Keempat, managemen komunikasi merupakan factor penting sebagai alat manajemen untuk mencapai tujuan. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi non verbal yang digunakan oleh para pemuka agama sangat efektif bagi masyarakat saat berkomunikasi. Yang dimana komunikasi tidak hanya berbicara saja, namun menggunakan bahasa tubuh dalam berkomunikasi sangat efektif bagi kepercayaan diri baik bagi komunikator maupun komunikan. Kata Kunci: komunikasi, managemen, komunikasi non verbal

Copyrights © 2021