Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Vol 5, No 1 (2021): At-Tazakki

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA/I DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-ULUM TERPADU

Melani Ramadika, Siti Hajar, M. Isnain Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Abstrak: Pendidikan multikulturalisme harus diterapkan dalam proses pemelajaran melalui proses pembiasaan, pembelajaran multicultural dilakukan dengan pembentukan pola pikir, sikap, tindakan, dan pembiasaan sehingga muncul kesadaran nasional keindonesiaan. Karakter keindonesiaan tersebut meliputi: kesadaran kebanggaan sebagai bangsa, kemandiriaan dan keberanian sebagai bangsa, kesadaran kehormatan sebagai bangsa, kesadaran melawan penjajahan, kesadaran berkorban demi bangsa, kesadaran nasionalisme bangsa lain, dan kesadaran kedaerahan menuju kebangsaan. Terwujudnya karakter keindonesiaan tersebut menjadi landasan kuat sebagai ciri khas manusia Indonesia yang kuat. Kekuatan keindonesiaan ini menjadi energi besar untuk menjadi Indonesia sebagai bangsa besar di tengah percaturan bangsa-bangsa di dunia. Bangsa besar hanya dapat diwujudkan melalui karakter manusia yang kuat. Karakter keindonesiaan melalui pendidikan multikulturalisme inilah salah satu harapan menuju Indonesia besar di masa depan.Kata kunci: Pendidikan, Multikultural, Pembentukan Karakter

Copyrights © 2021