Analisa: Journal of Social Science and Religion
Vol 18, No 2 (2011): Analisa Volume XVIII No 02 Juli Desember 2011

Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Mulyani Mudis Taruna (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2011

Abstract

Kajian dampak sertifikasi guru terhadap kompetensi perlu terus dilakukan,   termasuk kajian terhadap guru mata pelajaran PAI (Pendidikan  Agama Islam) di Madrasah Tsanawiah. Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kompetensi guru PAI MTs yang berstatus tersertifikasi dan guru PAI MTs yang belum tersertifikasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis Anova dua jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAI MTs negeri dan swasta di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Sampel dalam penelitian  ini dipilih secara random dengan teknik strata berjumlah 60 orang guru PAI dan untuk sampel siswa sebanyak 120. Salah satu hasil  enelitian adalah diketahui terdapat perbedaan kompetensi guru PAI yang tersertifikasi dan kompetensi guru PAI yang belum tersertifikasi. Hasil analisis lanjut  diketahui  bahwa kompetensi guru PAI yang belum tersertifikasi lebih baik daripada kompetensi guru PAI yang sudah tersertifikasi

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

analisa

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

FOCUS Analisa aims to provide information on social and religious issues through publication of research based articles and critical analysis articles. SCOPE Analisa concerns on the religious studies issues including beliefs, behaviors and institutions, education as well as religious text and ...