Jurnal Teknologi Jurnal Ilmiah Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
Vol 1 No 1 (2018): September 2018

EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE (LC 5E) DAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TAV SMK NEGERI 2 KUPANG PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO CCTV

I_Made Parsa (Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Perbedaan antara nilai pre-test dan post-test setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi melakukan instal sistem audio video CCTV kelas XI TAV SMK Negeri 2 Kupang (2) Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi melakukan instal sistem audio video CCTV kelas XI TAV SMK Negeri 2 Kupang.Metode penelitian ini adalah penelitian Quasi-Experimental Design atau eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Metode Tes dan Dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan Uji-t berpasangan dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian evaluasi menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point yaitu nilai pre-test = 58,34 dan nilai post-test = 74,28 (2) Ada pengaruh yang sangat signifikan antara model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dimana hasil analisis regresi berganda dengan menggunakan uji F diperoleh nilai fhitung> nilai ftabel (11537,936 > 3,295) berarti terdapat pengaruh yang signifikan sehingga model regresi tersebut dapat digunakan untuk memprediksi hasil belajar siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal_teknologi

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknologi diterbitkan dua kali setahun (Mei dan Nopember) oleh Fakultas Sains dan Teknik ( Sebelumnya bernama Fakultas Teknik) Undana. Jurnal ini menerbitkan Artikel Hasil Penelitian dan Kajian-Kajian Penelitian/Pustaka dalam bidang Teknik yang belum pernah diterbitkan media atau dalam jurnal ...