Media Riset Bisnis & Manajemen
Vol. 20 No. 2 (2020): MEDIA RISET BISNIS & MANAJEMEN

PENGARUH STRATEGI RETAIL-MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GRAMEDIA BOTANI SQUARE

Marga Anjar Distyarini (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran)
Ria Arifianti (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran)
Tetty Herawaty (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Abstrak Tujuan-Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan retail-mix Gramedia Botani Square serta pengaruh dari retail-mix yang dilakukan Gramedia Botani Square terhadap keputusan pembelian konsumennya. Desain/Metodologi/Pendekatan-Data berasal dari penyebaran kuesioner kepada 116 responden. Dalam menentukan sampel, teknik yang digunakan yaitu purposive sampling yang masuk kedalam kategori nonprobability sampling. Metode penelitiannya yaitu kuantitatif dengan objek penelitiannya adalah retail-mix sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Hasil Penelitian- Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu secara simultan Retail-Mix memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Namun, hasil pengujian statistik secara parsial Lokasi, Manajemen Barang Dagang, Pelayanan Konsumen dan Tampilan & Desain Toko berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian; Penetapan Harga dan Bauran Komunikasi tidak berpengaruh secara terhadap Keputusan Pembelian. AbstractPurpose-This study aims to analyze the implementation of the retail mix Gramedia Botani Square and the influence of the retail mix conducted by Gramedia Botani Square on consumer purchasing decisions.Design/Methodology/Approach-Data comes from distributing questionnaires to 116 respondents. In determining the sample, the technique used is purposive sampling which falls into the category of nonprobability sampling. The research method is quantitative with the research object is retail-mix as the independent variable and purchasing decisions as the dependent variable. The analytical method used in this study is multiple linear regression analysis.Findings-The results obtained in this study are simultaneous Retail-Mix have a influence on purchasing decisions. However, the results of partial statistical testing of Location, Merchandise Management, Customer Service and Store Design & Display have a effect on Purchasing Decisions; Pricing and Communication Mix didn’t have a effect on Purchasing Decisions.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mrbm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Media Riset Bisnis & Manajemen is a research media that is published based on OJS. MRBM is a research media owned by the Trisakti University Faculty of Economics and Business. MRBM was first published in 2001. In 2008 MRBM was once nationally accredited. The focus and scope of this research media ...