Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022

Faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan media streaming digital dimasa pandemi

Faela Adiba (Perbanas Institute)
Aviliani Aviliani (Perbanas Institute)
Chicilia Nova Yatna (Perbanas Institute)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Terjadinya pandemi covid-19 mengubah perilaku konsumen salah satunya cara konsumen mencari hiburan yang lebih memilih untuk menggunakan media hiburan streaming agar lebih aman dari sisi kesehatan. Adanya perubahan pola perilaku tersebut menjadi suatu hal yang menarik untuk diteliti agar dapat membuat bisnis serupa bertahan dan terus diminati masyarakat. Oleh karena itu dirumuskan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh citra merek, pemasaran digital, dan harga terhadap keputusan penggunaan media streaming digital Netflix. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Metode survei digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan data dari responden. Data dikumpulkan dari 100 responden dengan kriteria mereka yang berlangganan atau pernah berlangganan media streaming Netflix. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa hanya citra merek yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan media streaming digital Netflix. Sementara itu pemasaran digital dan harga berpengaruh negatif terhadap keputusan penggunaan media streaming digital Netflix. Hal ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi media streaming untuk melakukan kegiatan promosi terutama dimasa pandemi covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...