Keberadaan lokasi dan fungsi terminal penumpang tipe B Koto Nan IV Payakumbuh tidak sesuai dengan semestinya, rendahnya jumlah angkutan yang masuk terminal, dan Pos TPR ( Tanda Pembayaran Retribusi) terletak di luar terminal, bukan di pintu masuk terminal. Sehingga pemanfaatan terminal oleh penumpang dan awak angkutan masih rendah dan belum berjalan secara optimal. Sehingga perlu ditingkatkan kinerja pelayanan Terminal Koto Nan Ampek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan Terminal Koto Nan Ampek agar dapat berfungsi secara optimal sehingga dapat mendukung perkembangan wilayah Kota Payakumbuh. Metode penelitian yang pendekatan positifistik yang menekankan pada pengumpulan data secara kuantitatif. Analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif dengan menggambarkan kondisi-kondisi dilapangan pada saat ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan pengumpulan data primer melalui observasi lapangan, dan penyebaran kuisioner. Penelitian ini dilakukan pada 100 orang penumpang yang masuk terminal. Hasil penelitian Alasan penumpang memilih terminal Koto Nan IV dengan persentase 60% dan 40%, fasilitas ruang tunggu persentase 50%, kenyamanan dengan persentase 50%, tingkat keamanannya dengan persentase 70%, kebersihan fasilitas dengan persentase 96%, Ketersediaan kantin dengan persentase 82%. Solusi untuk masalah ini adalah Perbaikan Prasarana pejalan kaki, peraturan angkutan umum berhenti untuk menaikan dan menurunkan penumpang di luar terminal, pemeliharaan beberapa fasiitas terminal seperti toilet, tempat ruang tunggu penumpang , memindahkan tempat pemungutan retribusi terminal ke dalam terminal, pemasangan papan informasi atau petunjuk mengenai jurusan yang di berlakukan bagi setiap angkutan yang memberikan pelayanan di terminal Koto Nan IV Payakumbuh. Kata kunci : terminal, trayek angkutan umum, kinerja terminal, fasilitas terminal
Copyrights © 2022