Ensiklopedia Research and Community Service Review
Vol 2, No 1 (2022): Vol. 2 No. 1 Jilid 1 Oktober 2022

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN BYPASS KOTA PADANG 10

Rahmat Hidayat (Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil,Fakultas Teknik,UM Sumatera)
Ishak Ishak (Dosen Program Studi Teknik Sipil,Fakultas Teknik,UM Sumatera)
Yorizal Putra (Dosen Program Studi Teknik Sipil,Fakultas Teknik,UM Sumatera)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Suatu peristiwa kecelakaan lalu lintas sangat beragam baik dari proses kejadiannya maupun faktor penyebabnya. Untuk kepentingan penanggulangannya diperlukan suatu adanya suatu pola yang dapat menggambarkan karakteristik proses kejadian suatu kecelakaan lalu lintas, agar dapat disimpulkan faktor penyebabnya supaya dapat dirumuskan pula upaya penanggulangannya. Banyaknya kejadian kecelakaan yang terjadi pada ruas jalan Bypass Kota Padang KM 10 mengakibatkan banyaknya kerugian, baik kerugian materil dan non materil pada para pengendara tersebut. Dengan dasar ini perlu dilakukan analisis kecelakaan terhadap tingginya tingkat kecelakaan sehingga dapat diketahui faktor–faktor penyebabnya, daerah rawan kecelakaan (blackspot), dan mencari solusi penyelesaian yang tepat untuk meminimalisasi kecelakaan yang sering terjadi pada ruas jalan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif–analitis. Deskriptif berarti memaparkan suatu kejadian sesuai dengan kondisi yang ada, sedangkan Analitis berarti data– data yang terkumpul disusun, dianalisa dan dijelaskan sesuai dengan parameter yang ada. Model analisis dengan menggunakan Korelasi untuk uji pengaruh ruas jalan terhadap jumlah kecelakaan, uji validitas dan reliabilitas dari pendapat responden tentang faktor kecelakaan pada ruas jalan tersebut. Sehingga diperoleh gambaran kecelakaan yang jelas dan dapat dicari solusi penyelesaiannya.Dari hasil analisa didapatkan faktor–faktor kecelakaan pada ruas jalan Bypass Kota Padang KM 10 adalah faktor manusia dengan kelalaian pengendara dan pejalan kaki (95,00 %), faktor pengendara (5,00 %). Daerah rawan kecelakaan terdapat pada Km 10 dan didominasi kelalaian manusia (95,00 %). Salah satu alternatif pencegahan adalah dengan diberi sosialisasi tentang etika berkendara dan mematuhi rambu – rambu lalu lintas.Kata Kunci : Faktor kecelakaan,Penyebab kecelakaan, lalu lintas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

erw

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Ensiklopedia Research and Community Service Review adalah merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah serta Pegabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia yang terbit 3 (tiga) kali dalam setahun yakni di bulan Oktober, Februari dan ...