KotaPadangmerupakansalahsatukotayangpertambahanjumlahpenduduknyacukuptinggi.Seiringdenganpertambahanjumlahpenduduktersebutmakaaktifitasmanusiadanpergerakanpenduduk meningkat sehingga kebutuhan sarana transportasi darat semakin bertambah. Salah satupermasalahan yang terjadi adalah perlintasan sebidang antara jalan raya dan jalan rel kereta api disimpangTunggulHitamPadang.Permasalahanyangtampakadalahwalaupunsistemkontroltersebut telah dioperasikan dengan benar, bila volume kendaraan pada pendekat lintasan sedemikianbesar maka akan menimbulkan tundaan dan panjang antrian yang cukup berarti, pada saat itu pulaterciptalah suatu gangguan pada sistem transportasi. terjadi perubahan nilai parameter (kecepatanarus bebas, kecepatan maksimum, kepadatan macet, kepadatan maksimum dan aliran maksimum),data lain yang digunakan berupa data sekunder yang terdiri dari jumlah penduduk dan peta lokasi,Disimpang tunggul hitam kota Padang adalah dua pertemuan jalan yaitu jalan Kemayoran dan JalanProf. Dr. Hamka selain itu disimpang tunggul hitam kota Padang dekat dengan Universitas NegriPadang (UNP), Pada penelitian ini data yang diperoleh dari survei lapangan di Jalan Prof. Dr.HamkadanjalanKemayoranselamaempathari,yaitusenin,rabu,sabtudanminggu.Daripengamatan diperoleh panjang antrian terbesar adalah 30 (m), sedangkan tundaan terbesar adalah9,6(km/jam)danvolumelalau lintasterbesaradalah 773,2 (smp/jam). KataKunci: Kinerja RuasJalan, VolumeLaluLintas,Panjang Antrian,Jalur KeretaApi
Copyrights © 2021