Borobudur Psychology Review
Vol 1 No 1 (2021)

Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Siswa yang Mengikuti Pembelajaran Daring

Desilia Anadita (universitas negeri padang)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada siswa yang mengikuti pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek pada penelitian ini berujumlah 72 orang, dengan siswa laki-laki sebanyak 29 orang dan siswa perempuan sebanyak 43 orang, berada dalam rentang usia 13-18 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling dan analisis data menggunakan korelasi Spearman Rho dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r = -0.163 dengan signifikansi p = 0.002 (p<0.05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial dengan stres akademik pada siswa yang mengikuti pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bpsr

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aim Borobudur Psychology Review, publishes research and innovative ideass on psychology. Borobudur Psychology Review is published by Department of Psychology, Muhammadiyah Magelang University. Scope Borobudur Psychology Review covers the following fields : Enterpreneur Psychology, Social Psychology, ...