Informatik : Jurnal Ilmu Komputer
Vol 18, No 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Switching Intention Konsumen Terhadap Pengalaman Belanja Online Dari Social Commerce ke E-Commerce Menggunakan Faktor Push, Pull Dan Mooring

Muhammad Daffa Wahanandra (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Theresiawati Theresiawati (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Sarika Afrizal (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Tradisi berbelanja online sudah menjadi kebiasaan setiap orang entah melalui social commerce ataupun E-commerce. Namun, saat ini berbelanja di social commerce memiliki beberapa risiko seperti terutama untuk keamanan. Karakteristik ini mungkin mendorong pengguna untuk beralih ke E-commerce dari yang awalnya social commerce. Penelitian ini memiliki tujuann yaitu memahami pemahaman yang utuh tentang faktor yang mempengaruhi pengguna untuk bermigrasi dengan faktor push, pull dan mooring (PPM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner secara daring yang diisi oleh konsumen yang telah berbelanja online melalui social commerce dan E-commerce. Proses analisis data menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Pull memiliki pengaruh positif paling signifikan terhadap Switching Intention, faktor Pull berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap Switcing Intention dan faktor Mooring memiliki pengaruh negatif terhadap Switcing Intention.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

informatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Informatik menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada area Internet Business & Application, Networking & Cyber Security, Statistics & Computation, Elearning & Multimedia, Robotics & ...