JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Vol 7, No 3 (2022): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)

Pengaruh penggunaan ICT dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa

Fitriana, Fitriana (Unknown)
Harapan, Edi (Unknown)
Rohana, Rohana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan TIK dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar siswa SMA swasta di Kota Sekayu. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa SMA swasta di Kota Sekayu berada pada kategori cukup. Secara parsial, penggunaan TIK berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,236, termasuk dalam kategori “sedang”; Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,314 termasuk dalam kategori “tinggi”. Secara simultan pemanfaatan TIK dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,198 termasuk dalam kategori “sedang”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengelola pendidikan, pemerintah, dan masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrti

Publisher

Subject

Education

Description

JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and ...