Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 5, No 3 (2022): Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

UMKM MENGELOLA BISNIS DI RUMAH SENDIRI DENGAN FACEBOOK DAN INSTAGRAM ADS

Muhammad Subardin (Fakulas Ekonomi Universitas Sriwijaya)
Imelda Imelda (Fakulas Ekonomi Universitas Sriwijaya)
Yunisvita Yunisvita (Fakulas Ekonomi Universitas Sriwijaya)
Mardalena Mardalena (Fakulas Ekonomi Universitas Sriwijaya)
Deassy Apriani (Fakulas Ekonomi Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Dalam dua tahun ke belakang ini, virus COVID-19 sedang mewabah bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Kondisi ini membatasi aktivitas sebagian besar orang baik pekerjaan, sekolah, maupun usaha. Walaupun berjalan secara tidak biasa, adaptasi harus dilakukan dan peluang usaha masih tetap terbuka. Seperti belakangan ini, banyak pelaku usaha yang mengubah pola usahanya ke arah berjualan secara online dengan menggunakan aplikasi Facebook atau Instagram Ads. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang keterampilan mengelola bisnis di rumah sendiri dengan menggunakan aplikasi Facebook dan Instagram Ads. Model kegiatan pengabdian yaitu pemberdayaan dengan metode pembinaan keterampilan melalui pelatihan. Metode pelatihan yang dilakukan adalah ceramah, diskusi, dan praktik. Metode kegiatan dan pelaksanaan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal yaitu kegiatan diskusi dan saling perkenalan merupakan cara yang digunakan untuk mendekatkan diri antara tim pengabdian kepada masyarakat dengan khalayak sasaran yaitu 20 pelaku usaha mikro. Selanjutnya, kegiatan pelatihan berupa praktik menggunakan Facebook dan Instagram Ads dan diakhiri dengan evaluasi hasil kegiatan. Peserta kegiatan pengabdian cukup antusias dalam mengikuti acara yang dilakukan dengan memperhatikan dengan baik penyampaian materi yang dilakukan oleh narasumber. Dengan mengikuti kegiatan pelatihan pelaku usaha mikro telah memiliki akun dan menjadi lebih terampil menggunakan Facebook dan Instagram Ads sebagai sarana pemasaran produk dan jasa yang dikelola dari rumah. Melalui kegiatan pengabdian ini, peserta lebih mampu beradaptasi mengelola bisnis dalam kondisi pandemi COVID-19 dari rumah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kumawula

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, dengan nomor terdaftar ISSN 2620-844X (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Studi Desentralisasi dan Pembangunan Partisipatif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Jurnal ini meliputi berbagai ...