Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 5, No 2 (2022): Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENINGKATAN DAYA SAING UMKM KACANG J-NUT MELALUI PERBAIKAN KEMASAN DAN PEMASARAN ONLINE

Emi Widiyanti (Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret)
Erlyna Wida Riptanti (Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret)
Yayan Suherlan (Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret)
Arief Iman Santoso (Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Masa Pandemi ini membawa dampak luar biasa bagi para pelaku UMKMdimanakebijakanpemerintahuntukmenerapkanPembatasanSosialBerskala Besar (PSBB) membawa pelaku UMKM pada dua situasi yaitumenurunnya jumlah pembeli namun disisi lain jumlah kompetitor semakinmeningkat. Kondisiinimenyebabkan UKM harus berupaya untuk meningkatkan daya saingnya ditengahmasapandemiini.SalahsatuUKMyangmengalamipermasalahanini adalah UMKM Kuliner yaitu UMKM Olahan Kacang-kacangan Merek J-Nut. Semasapandemi terjadi penurunan omset penjualan hampir 50% dari penjualansebelum pandemi. Beberapa penyebab penurunan omset ini atara lainbanyakmasyarakatyangturutberjualananekacamilantermasukjugajeniskacang-kacangan seperti kacang bawang, kacang telur dll yang akhirnyamenjadi kompetitor. Para kompetitor sudah menggunakan media promosidan pemasaran online sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.Untuk itu UMKM Kacang J-Nut ini harus segera memperbaiki kapasitasusahanyauntukdapatbersaingdenganUMKMyanglaindiantaranyadengan menerapkan strategi pemasaran yang dapat menarik perhatiankonsumen di antara banyaknya produk UMKM sejenis. Untuk mengatasipersoalaninimakatimpengabdianmengusulkansolusipemecahanmasalah melalui beberapa kegiatan yaitu : perbaikan merek dan labelproduk,perbaikankemasanyang   lebih marketable, promosi dan pemasaran online. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat meningkatkan omset penjualan sebesar 25% dan meningkatkan respon positif dari masyarakat (calon konsumen).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kumawula

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, dengan nomor terdaftar ISSN 2620-844X (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Studi Desentralisasi dan Pembangunan Partisipatif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Jurnal ini meliputi berbagai ...