Hasil belajar yang baik dapat dicapai apabila memiliki kesiapan belajar. Mahasiswa harus beradaptasi apabila sebelumnya melakukan pembelajaran daring kini harus kembali mengikuti PTM dengan metode pembelajaran baru. Jika mahasiswa belum siap untuk melaksanakan PTM maka akan mengakibatkan kurang optimalnya pembelajaran yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan kesiapan PTM pada mahasiswa. Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan metode analitik korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling yang berjumlah 304 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dukungan sosial orang tua dan kesiapan PTM. Analisis data menggunakan uji somers’d. Hasil penelitian didapatkan hubungan yang signifikan antara variabel dukungan sosial orang tua dengan kesiapan pembelajaran tatap muka dengan nilai p=0,001, sedangkan nilai r=0,617 artinya terdapat korelasi kuat antara dukungan sosial orang tua dengan kesiapan pembelajaran tatap muka. Dukungan sosial orang tua berhubungan dengan kesiapan pembelajaran tatap muka pada mahasiswa.
Copyrights © 2022