Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 5 No 3 (2021): Desember

PENGEMBANGAN LKS DENGAN PENALARAN INDUKTIF PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KEPRAKRTISAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Afifah, Ririn (Unknown)
Susanta, Agus (Unknown)
Rusdi, Rusdi (Unknown)
Agustinsa, Ringki (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang memenuhi kategori minimal praktis untuk pembelajaran LKS dengan penalaran induktif pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D menurut Thiagarajan, tetapi hanya menggunakan tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar kepraktisan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VIII E pada uji kepraktisan. Hasil uji kepraktisan dengan skor rata-rata 4,7 memenuhi kategori sangat praktis atau minimal memenuhi kategori praktis, hal ini berarti LKS dapat membantu siswa dalam pembelajaran dengan penalaran induktif pada materi kubus dan balok di kelas VIII

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...