Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 5 No 2 (2021): Agustus

ANALISIS KUALITAS SOAL MATEMATIKA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Anwar, Abdur Rouf Mahfudz (Unknown)
Siagian, Teddy Alfra (Unknown)
Yensy B,, Nurul Astuty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pada sebaran soal Penilaian Akhir Semester ganjil mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021. Indikator kualitas meliputi hasil uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal matematika Penilaian Akhir Semester ganjil kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini berdasarkan kualitas menunjukkan bahwa terdapat 14 soal (70%) yang valid dan 6 soal (30%) yang tidak valid. Untuk reliabilitas diperoleh nilai yang sangat tinggi, yaitu sebesar 0,892. Untuk tingkat kesukaran diperoleh bahwa soal tersebut yang termasuk kategori sukar sebanyak 3 soal (15%) dan untuk kategori sedang sebanyak 17 soal (85%). Untuk daya beda diperoleh bahwa soal tersebut yang termasuk dalam kategori sangat baik sebanyak 10 soal (50%), dalam kategori baik sebanyak 5 soal (25%), dan dalam kategori jelek sebanyak 5 soal (25%). Untuk efektivitas pengecoh diperoleh bahwa terdapat 2 buah (2,5%) pilihan jawaban soal yang tidak berfungsi dan terdapat 78 buah (97,5%) pilihan jawaban soal yang berfungsi. Kesimpulan hasil penelitian yaitu kualitas soal matematika Penilaian Akhir Semester ganjil kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu termasuk kategori yang baik dilihat dari indikator kualitasnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...