Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 2 (2022): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Management of Online-Based Learning Media in PAI Learning for Students at SDN Wancimekar 1

Cici Hastuti (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Undang Ruslan Wahyudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Pada masa Covid-19 ini dimana pembelajaran di sekolah diharuskan menggunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) maka sebagai guru dituntut untuk bisa menyesuaikan metode serta media yang digunakan agar pembelajaran tetap berjalan secara efektif. Maka tak terkecuali juga dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang harus dilakukan secara daring juga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan media pembelajaran berbasis daring yang dilakukan pada mata pelajaran PAI di kelas 6A SDN Wancimekar 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak 40 siswa kelas 6A SDN Wancimekar 1. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa media yang dikelola dengan baik memiliki peran yang penting terhadap pelaksanaan pembelajaran terlebih disaat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Aspek pengelolaan media pembelajaran berbasis daring yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kendati demikian masih terdapat beberapa hambatan yaitu seperti kesulitan sinyal, terbatasnya kuota internet, dan tidak semua peserta didik mempunyai handphone sendiri. Lalu solusi yang ada yaitu guru memberikan tambahan waktu pengumpulan tugas, dan melakukan home visit.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...