RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Retorika

KOMUNIKASI PROFETIK DI MEDIA SOSIAL

Muhlis Muhlis (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Musliadi Musliadi (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Perkembangan ilmu komunikasi mengalami peningkatan yang begitu pesat. Seiring Perkembangannya, komunikasi profetik pun mengalamai perkembangan kajian keilmuan. Komunikasi profetik dapat digambarkan bukan hanya dalam kelompok kerja keagamaan, tetapi juga dalam kelompok kerja ilmiah pada umumnya. Sebab, ini menyangkut masalah kemanusiaan dan agama. Komunikasi yang dilakukan Nabi bukan hanya masalah dakwah, tetapi juga masalah kemanusiaan yang lebih luas. Ini termasuk upaya komunikasi yang berorientasi pada humanisasi, liberalisasi dan transendensi. Begitupula dengan media, tekhusus media komunikasi baru atau media social juga mengalami perkembangan yang semakin canggih. Perkembangannya tentu ini mengimplikasikan diskursus tentang dampak positif dan negatif dari new media dan pembahasan tentang manajemen informasi publik dan penyebaran informasi yang cepat, ruang publik yang demokratis, dan dampak global dari pengusaha media. Oleh karena itu, tulisan ini mencoba membahas komunikasi profetik sebagai pengawal dan tolak ukur kualitas tertinggi yang dilakukan masyarakat saat ini dalam berbagai aktivitas komunikasi di segala waktu dan tempat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

retorika

Publisher

Subject

Religion

Description

Jurnal RETORIKA adalah Jurnal publikasi ilmiah yang berupaya memfasilitasi artikel akademik dan tulisan ilmiah dari sejumlah studi dalam penelitian di bidang Dakwah dan Komunikasi. Jurnal RETORIKA terbuka untuk akademisi, mahasiswa, peneliti, dan praktisi yang tertarik untuk berkontribusi dalam ...