Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa
Vol 9, No 4 (2022): JURNAL KESMAS (KESEHATAN MASYARAKAT) KHATULISTIWA

PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN DARI ASPEK MANAJEMEN ISO 9001:2015 TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN

Petty Rismawati (Mahasiswa Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, STIKes Hang Tuah Pekanbaru, Riau, Indonesia)
Jasrida Yunita (Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat - STIKes Hang Tuah Pekanbaru, Riau, Indonesia)
Budi Hartono (Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat - STIKes Hang Tuah Pekanbaru, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Peningkatan kualitas layanan yang baik tidak harus hanya berasal dari sudut pandang Puskesmas saja, tetapi harus pula berasal dari sudut pandang pasien. Melalui peningkatan kualitas layanan maka diharapkan kepuasan pasien juga akan meningkat dan loyalitas pasien melalui minat kunjungan ulang akan dapat tercipta.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan dari aspek manajemen ISO 9001:2015 terhadap kepuasan dan minat kunjungan ulang pasien. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hulu dengan jumlah sampel 97 responden yang dipilih secara accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari bulam Mei – Juni 2019 dan dianalisis dengan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan fokus pada pelanggan, keterlibatan personel dan pembuatan keputusan berdasarkan fakta berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Fokus pada pelanggan, keterlibatan personel dan pembuatan keputusan berdasarkan fakta, kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjungan ulang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh mutu pelayanan kesehatan dari aspek manajemen ISO 9001:2015 terhadap kepuasan dan minat kunjungan ulang pasien. Saran bagi Pukesmas Tanah Merah sebaiknya mendaftarkan puskesmas untuk disertifikasi ISO 9001:2015 untuk meningkatkan kepercayaan pasien terhadap kualitas pelayanan puskesmas serta petugas kesehatan lebih perhatian dan fokus pada kebutuhan pasien dengan cara memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasien, berempati terhadap keluhan pasien serta bersikap ramah dan sopanKata kunci: Kepuasan pasien, Minat kunjungan ulang, ISO 9001:2015

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKMK

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Public Health

Description

Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa menerima naskah hasil penelitian di bidang Kesehatan Masyarakat dengan focus dan scope meliputi Epidemiologi, Biostatistik, Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Keselamatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku, Gizi Kesehatan ...