Jurnal Generic
Vol 14 No 2 (2022): Vol 14, No 2 (2022)

Pengaruh Aspek Pedagogis dan Interaksi Sistem pada Penilaian Usabilitas Sistem E-Learning

Indah Permatasari (Universitas Indo Global Mandiri)
Peny Meliaty Hutabarat (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor pedagogis maupun interaksi sistem pada penilaian usabilitas sistem e-learning. Pendekatan pada penilaian sistem e-learning, yang selama ini terbelah antara bertumpu pada satu faktor, atau berupaya menggabungkan keduanya tanpa membedakan kekhasan karakteristiknya. Upaya unifikasi tanpa membedakan karakter tersebut akan menyulitkan perumusan tindak lanjut hasil penilain yang dilakukan, sebab tindak lanjut pasca penilaian memiliki perbedaan pada kedua jenis faktor tersebut. Faktor-faktor pedagogis maupun usabilitas sistem mungkin berpengaruh, diperoleh dari hasil studi literatur pada penelitian-penelitian sebelumnya. Pengujian terhadap faktor-faktor tersebut dilakukan dengan melakukan survei kepada para pengguna sistem VCLASS di Universitas Indo Global Mandiri (UIGM). Selain diharapkan mendapatkan faktor-faktor yang diperlukan dalam penyusunan kerangka penilaian usabilitas sistem e-learning, penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi terhadap penyempurnaan sistem VCLASS UIGM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Generic ISSN/e-ISSN: 1907-4093/2087-9814 adalah wadah publikasi ilmiah bagi peneliti, akademisi, maupun praktisi di bidang ilmu komputer, ilmu teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Jurnal ini menerima tulisan inter-disiplin di bidang SI/TI, sistem komputer, dan informatika. Topik ...