Makalah ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya instrumen berbagi pengetahuan dalam bisnis, dan untuk menjelaskan pengaruh berbagi pengetahuan sebagai kompartemen kunci dari manajemen pengetahuan pada proses bisnis dan kinerja organisasi berdasarkan penelitian saat ini. Metode kualitatif berdasarkan pencarian komprehensif dari berbagai database terkemuka telah digunakan untuk tujuan penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan berbagi pengetahuan mempengaruhi kinerja organisasi dari berbagai aspek seperti; manajemen, pengambilan keputusan, dan prosedur produksi. Dalam komunitas berbasis pengetahuan, kemampuan perusahaan untuk menciptakan, mempertahankan, dan mengkomunikasikan pengetahuan memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerjanya. Berbagi pengetahuan adalah dasar keunggulan kompetitif karena dimensi implisit dan kompleksitas untuk ditiru atau diganti. Oleh karena itu, perusahaan yang mampu mencapai berbagi pengetahuan yang sukses cenderung berkinerja lebih baik. Dalam penelitian ini juga penulis menyimpulkan ada empat faktor utama yang mempengaruhi berbagi pengetahuan antarindividu dalam organisasi: sifat pengetahuan, motivasi untuk berbagi, peluang untuk berbagi, dan budaya kerja.
Copyrights © 2022