Indonesian Journal of Disability Studies
Vol. 1 No. 1 (2014)

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Studi Mahasiswa Penyandang Disabilitas

Sudjito Soeparman (Mechanical Engineering, Brawijaya University)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2014

Abstract

Dengan diratifikasikan Konvensi PBB tentang hak penyandang disabilitas menjadi Undang-undang no. 19 tahun 2011, pendidikan inklusif bagi penyandang disabilas wajib dilaksanakan di Indonesia. Penelitian ini melakukan studi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan studi mahasiswa difabel dalam system pendidkan inklusif. Faktor-faktor yang diteliti adalah faktor keluarga (hubungan dalam keluarga dan kondisi ekonomi), factor psikhologis (rencana studi dan kepercayaan diri), dan factor akademik (kehadiran, pilihan Program Studi, lama belajar, cara belajar, kendala belajar, dan IPK). Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dengan responden semua mahasiswa difabel dan mahasiswa non-difabel dalam kelas yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam faktor keluarga dan psikhologis antara mahasiswa difabel dan non-difabel. Mahasiswa difabel cenderung lebih lama dan teratur, dan prestasi akademik mahasiswa difabel cenderung lebih baik daripada non-difabel.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ijds

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Disability Studies (SINTA 3 accredited) is an academic peer reviewed journal published by Center for Disability Services (CDSS), University of Brawijaya (UB), Malang, Indonesia. The journal publishes original papers at the forefront of disability research, covering the research ...