Jurnal Litbang Edusaintech
Vol. 3 No. 1 (2022): Volume 3 No 1 2022

Peramalan Produksi Bawang Merah Kabupaten Brebes Menggunakan Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA)

Septi Winda Utami (Unimus)
Rizma Novinda Puteri (UNIMUS)
Tiani Wahyu Utami (Program Studi Statistika, Universitas Muhammadiyah Semarang)
Fatkhurokhman Fauzi (Program Studi Statistika, Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Kabupaten Brebes merupakan kabupaten terluas ke-2 di Jawa Tengah. Kabupaten Brebes mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengembangkan potensi komoditas unggulan di Kabupaten Brebes, terutama sektor pertanian yang menjadikan bawang merah sebagai komoditas utama dan ciri khas karena menjadi sektor penyumbang pendapatan terbesar daerah di Kabupaten Brebes. Pemerintah perlu membuat target produksi untuk merumuskan kebijakan pemerintah terkait pangan dan perekonomian, salah satunya dengan melakukan peramalan. Penelitian ini menggunakan metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) karena bersifat fleksibel (mengikuti pola data), tingkat akurasi peramalan cukup tinggi dan cocok digunakan untuk memprediksi dengan cepat, sederhana, akurat, dan murah untuk meramalkan produksi bawang merah di Kabupaten Brebes pada Tahun 2021. Hasil Penelitian ini diperoleh model ARIMA terbaik yang mampu meramalkan produksi bawang merah di Kabupaten Brebes yaitu ARIMA (0,1,1) karena memiliki nilai AIC terkecil yaitu 904,52 dengan hasil peramalan produksi bawang merah di Kabupaten Brebes pada Tahun 2021 sebesar 3.031.561 kuintal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jle

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Industrial & Manufacturing Engineering

Description

The Jurnal Litbang Edusaintech (JLE) is an open access and peer-reviewed journal, published by LitbangMu Jawa Tengah, which is a dissemination medium for research result from scientists and engineers in many fields of Education, Science and Technology. JLE is a biannual journal. The editors welcome ...