EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Vol 7, No 2 (2022): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis

Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Fika Rahmanita ({(SCOPUS ID :57191961704)
(Scholar ID : r23peXoAAAAJ)
(Sinta ID : 5983489)}, Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh TIK terhadap prestasi belajar pada mahasiswa (2) Mengetahui pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar pada mahasiswa (3) Mengetahui pengaruh secara simultan antara TIK dan kemandirian terhadap prestasi belajar pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas  yaitu TIK dan kemandirian  serta variabel terikat prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berjumlah 173 mahasiswa dengan jumlah sampel 120 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumen nilai, kuesioner dan studi literatur. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh  TIK terhadap prestasi belajar. (2) Terdapat pengaruh  kemandirian terhadap prestasi belajar. (3) Terdapat pengaruh secara simultan antara TIK dan kemandirian terhadap prestasi belajar. Penggunaan TIK memiliki hubungan yang positif langsung dengan keterlibatan mahasiswa dalam kemandirian belajarnya yang akan membantu untuk meningkatkan prestasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Eduka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business. ...