Journal of Students‘ Research in Computer Science (JSRCS)
Vol. 3 No. 2 (2022): November 2022

Penerapan Algoritma Pencarian Knuth-Morris-Pratt dalam Sistem Informasi Perpustakaan pada SMAN 1 Babelan

Nur Azizah Diti (Informatika: Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Fata Nidaul Khasanah (Informatika: Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Aida Fitriyani (Informatika: Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

The library is a place where information can be obtained easily. Because in the library there are lots of books, journals, and research results that can be used. As is the case in the library of SMAN 1 Babelan. But in fact the library of SMAN 1 Babelan still has not implemented a digital technology information system. So that in the recording process, they still use a manual system or recording in a ledger. Therefore, a system is needed to overcome this problem by implementing the Knuth-Morris-Pratt algorithm which is a string search algorithm, and the Waterfall search development method. Keywords: Knuth-Morris-Pratt, Library, Waterfall   Abstrak Perpustakaan merupakan salah satu tempat dimana sebuah informasi dapat didapatkan dengan mudah. Karena dalam perpustakaan banyak sekali buku-buku, jurnal, serta hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan. Seperti halnya pada perpustakaan SMAN 1 Babelan. Namun nyatanya perpustakaan SMAN 1 Babelan masih belum menerapkan sistem informasi teknologi digital. Sehingga dalam proses pencatatan, masih menggunakan sistem manual atau pencatatan pada buku besar. Maka dari itu dibutuhkan suatu sistem untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara mengimplementasikan algoritma Knuth-Morris-Pratt yaitu algoritma pencarian string, dan dengan metode pengembangan Waterfall. Kata kunci: Knuth-Morris-Pratt, Perpustakaan, Waterfall

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSRCS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian mahasiswa bidang ilmu komputer bersama dosen pembimbingnya yang bertemakan: Algoritma, Augmented and Virtual Reality, Bahasa Komputasi, Computer Graphics, Game Teknologi, Mobile Computing, Operating Systems, Pengolahan Citra, Robotika, Sistem ...