Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasy Ekperimental design dengan rancangan penelitian menggunakan rancangan Posttest only control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis pada materi matriks. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji One Way Manova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis secara bersama-sama antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran SIMAS ERIC dan yang mengikuti model pembelajaran ceramah, (2) Kemampuan metakognitif peserta didik yang mengikuti model pembelajaran SIMAS ERIC lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti model pembelajaran ceramah, dan (3) Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran SIMAS ERIC lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti model pembelajaran ceramah. Peneliti mengharapakan bahwa pada penelitian selanjutnya yang menggunakan model pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming, Mind mapping, Questioning, Exploring, Writing and Communicating), hendaknya menggabungkan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan pendekatan pembelajaran untuk mengukur kemampuan peserta didik lainnya agar proses pembelajaran dapat lebih efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022