JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 8, No 2 (2022)

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Teorema Pythagoras SMP Berdasarkan Kriteria Watson

Kamilah, Adifa Shafa (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Tinjauan ini bertujuan untuk menyelidiki kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan cerita pada materi teorema pythagoras di jenjang SMP didasarkan sepenuhnya pada kriteria Watson. Tinjauan ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang mengikutsertakan 23 siswa kelas VIII (8) SMPIT Tunas Harapan Ilahi, kota Tangerang, Banten sebagai subjek peneltian. Data yang akan diselidiki berasal dari tes berbentuk naratif atau soal cerita yang diselesaikan oleh siswa dan wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan 22 siswa melakukan kesalahan yang bervariasi. Tipe kesalahan terbanyak dilakukan sang peserta didik adalah kesimpulan hilang atau ommited conclusion (OC), sedangkan tipe kesalahan yang jarang dibuat oleh siswa adalah jenis kesalahan prosedur tidak tepat atau inappropriate procedure (IP), data hilang atau ommited data (OD), dan manipulasi tidak langsung atau undirected manipulation (UM). Beberapa faktor penyebab kesalahan yang dibuat oleh siswa meliputi: (1) ketidaktelitian ketika membaca soal berbentuk naratif atau cerita; (2) tidak teliti dalam pengerjaan permasalahan matematis; (3) tidak sering mengadaptasi kebiasaan menuliskan kesimpulan; (4) waktu yang terbatas; (5) ketidakpercayaan diri (self-confidence) terhadap jawabannya; (5) dan memiliki pikiran atau masalah lain sehingga mengganggu aktifitas pengerjaan soal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...