Tinjauan ini bertujuan untuk menyelidiki kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan cerita pada materi teorema pythagoras di jenjang SMP didasarkan sepenuhnya pada kriteria Watson. Tinjauan ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang mengikutsertakan 23 siswa kelas VIII (8) SMPIT Tunas Harapan Ilahi, kota Tangerang, Banten sebagai subjek peneltian. Data yang akan diselidiki berasal dari tes berbentuk naratif atau soal cerita yang diselesaikan oleh siswa dan wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan 22 siswa melakukan kesalahan yang bervariasi. Tipe kesalahan terbanyak dilakukan sang peserta didik adalah kesimpulan hilang atau ommited conclusion (OC), sedangkan tipe kesalahan yang jarang dibuat oleh siswa adalah jenis kesalahan prosedur tidak tepat atau inappropriate procedure (IP), data hilang atau ommited data (OD), dan manipulasi tidak langsung atau undirected manipulation (UM). Beberapa faktor penyebab kesalahan yang dibuat oleh siswa meliputi: (1) ketidaktelitian ketika membaca soal berbentuk naratif atau cerita; (2) tidak teliti dalam pengerjaan permasalahan matematis; (3) tidak sering mengadaptasi kebiasaan menuliskan kesimpulan; (4) waktu yang terbatas; (5) ketidakpercayaan diri (self-confidence) terhadap jawabannya; (5) dan memiliki pikiran atau masalah lain sehingga mengganggu aktifitas pengerjaan soal.
Copyrights © 2022