Dalam ikonstitusi iIndonesia, ianak imemiliki iperan istrategis iyang isecara itegas idinyatakan ibahwa inegara imenjamin ihak isetiap ianak iatas ikelangsungan ihidup, itumbuh idan iberkembang isekaligus iatas iperlindungan idari ikekerasan idan idiskriminasi. iProses idan imekanisme ipenanganan iperkara ipidana ianak iberbeda idengan iorang idewasa idikarenakan ianak imasih ibelum ibisa imandiri, imasih ibersifat iimpulsive iserta ibelum imemiliki ikesadaran ipenuh iatau ibelum istabil. iPendekatan iyang idigunakan idalam ipenelitian iini iadalah iyuridis iempiris iyaitu ipendekatan iyang imenekankan ipada ipraktek idi ilapangan isebagaimana iyang idilaksanakan ioleh iBapas iKelas iI iSemarang. iHasil idari ipenelitian iini iadalah iperanan iBapas iKelas iI iSemarang idalam iupaya imelakukan ibimbingan idan imemberikan iperlindungan ihukum iterhadap ihak-hak ianak isebagai ipelaku itindak ipidana imasih ibelum imaksimal. i
Copyrights © 2022