Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya dampak negatif dari pengaruh teknologi komunikasi gadget dewasa ini. Hal ini terlihat adanya sikap kurangnya etika seseorang dalam berkomunikasi baik berkomunikasi dengan teman sebaya, di bawah usia dan di atas usia. Dampak teknologi gadget ini juga memberikan pengaruh terhadap keharmonisan dalam berkomunikasi di kalangan siswa/siswa SMPN1 Lengayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi gedget terhadap model komunikasi yang dilakukan oleh siswa dengan teman sebaya ketika berada di sekolah. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif di mana informan kajian dipilih menggunakan kaedah snowball. Informan terdiri dari 6 orang terdiri dari 2 orang siswa SMPN 1 Lengayang, 1 informan dari guru dan 1 orang informan petugas pustaka dan 1 orang petugas kebersihan kantin serta 1 orang informan dari petugas keamanan sekolah. Kaedah mengumpulkan maklumat menggunakan kaedah interview mendalam (In-Depth Interview). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget di kalangan siswa dan siswa SMPN 1 Lengayang tergolong tinggi sehingga model komunikasi bersifat linear yang bersifat pasif. Hal ini ditandai dengan adanya perilaku pelajar menggunakan gadget di hampir setiap waktu instirahatnya di kantin dan mengabaikan teman di sekitarnya. Bahkan ketika mereka berpapasan dengan guru juga masih fokus menggunakan handphone dan mengabaikan teman-temannya yang berada di sekelilingnya. Bahkan mereka kerap menggunakan HP saat masuk dan keluar kampus.
Copyrights © 2022