Strategi pengembangan usaha dan menjadi seorang entrepreneur merupakan tantangan yang krusial di zaman sekarang, berbagai usaha telah dikembangkan agar dapat bersaing dengan usaha atau para wirausaha lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemilik toko kelontong dalam mengembangkan usaha di Bonto Jaya. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan kualitatif (studi kasus), adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Pemilihan ini akibat gejolat pasar modern, untuk mengetahui konsep toko kelontong tradisional dengan mengindentifikasi permasalahan dan memahami kebutuhan. Adapun hasil penelitian, mengurai bahwa usaha kelontong yang telah dijalankan masyarakat dalam lingkungan pedesaan, harus teliti dengan lingkungan mereka membangun sebuah usaha, para pemilik warung kelontong mengadopsi secara holistik berbagai tampilan bangunan fisik, dekorasi, kualitas produk dan ekspansi mitra distributor barang. Salasatu design usaha yang berhasil dikembangkan di desa adalah menjadi agen BRILink, membuka cabang usaha, mengubah pola usaha. Mengikuti berbagai perkembangan agar mampu bertahan dan dapat mengembangkan usaha.
Copyrights © 2022